Hindun

Saya adalah Hindun guru IPS di SMPN 179 Jakarta, yang memulai karir dari SDN di bilangan Jakarta Pusat sebagai Pembantu Pembina Pramuka dan berusaha menjadi gur...

Selengkapnya
Navigasi Web
PJJ DAN MPLS H-1

PJJ DAN MPLS H-1

TANTANGAN H-49 SAGUSABU3

@OPINI

 

Hari ini hari pertama Tahun ajaran baru di mulai 2020/2021, kebetulan anak pertamaku juga merupakan hari pertama memasuki SMPN ditempatku bertugas. Tapi hari pertama masuk sekolah berbeda dengan hari sekolah yang berbeda. Karena Pembelajaran Tahun ajaran baru ini dilakukan secara Virtual. Acara Pembelajaran ini dilakukan dengan diawali absensi dan kemudian dibuka dengan tayangan video Pembukaan yang dilakukan secara virtual. Dalam Pembelajaran saat ini kami memanfaatkan Whatsapp secara full. Aku mencoba agar peserta didik tetap fokus dalam kegiatan MPLS hari ini. Dalam MPLS Virtual kali ini kami membuat Tata Tertib agar Peserts Didik bertanggung Jawab dalam Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Tahun Pelajaran 2020/2021.

Tata tertib kehadiran

1.      Absensi dari pukul 6.30 -7.00

2.      Jika lewat 10 menit dianggap terlambat, walas akan menegur

3.      Apabila sudah 3x terlambat, walas memberi teguran dan memberitahukan kepada orang tua

4.      Jika sudah ditegur, masih terlambat maka walas melakukan pemanggilan pertama

5.      Jika tidak hadir tanpa keterangan, Walas menghubungi orang tua murid apabila tidak ada respon maka dilakukan panggilan pertama, Sanksi berikutnya akan disampaikan saat pemanggilan pertama di sekolah.

Sesuai dengan Jadwal 06.30 Sampai 07.00, HP-ku terus menerus berbunyi, karena banyaknya pesan yang masuk, akhirnya aku memutuskan untuk membuka WA dari Laptopku. Karena aku khawatir akan hang, jika banyak gambar dan pesan yang masuk. Setelah peserta didik absen pembiasaan selama PJJ adalah mendengarkan lagu-lagu kebangsaan. Lagu kebangsaan yang pertama di putar adalah Indonesia. Tugas Panitia adalah menjalankan langkah-langkah yang ada di jadwal MPLS. Kami Para Wali Kelas menshare jadwal tersebut kepada peserta didik. Selain lagu Indonesia Kami juga diberikan link untuk menyanyikan lagu Masuk Sekolah dengan Belajar Online.

Jam 07.00 – 09.00 adalah acara Pembukaan Resmi Acara MPLS

1.      Pembukaan

2.      Laporan Ketua Panitia

3.      Sambutan Kepala Sekolah

4.      SerahTerima Peserta Didik Baru Secara Simbolis

5.      Pembacaan Doa

6.      Testimoni dari perwakilan peserta didik baru

Dalam Pembukaan ini video yang tayangkan hanya sekitar 15 menit dari waktu yang sudah ditetapkan selama 2 jam, Nah inilah tantangan Wali Kelas bagaimana supaya anak tetap fokus dalam PJJ hari pertama hari ini. Disini aku isi dengan cara memperkenalkan diri dari masing-masing siswa dengan VN (Voice note), ya walaupun dengan ada juga rasa malu-malu dari peserta didik dalam memperkenalkan diri. Mungkin kalau di kenyataan mungkin akan ribut. Tapi karena daring jadi yang berisik adalah bunyi pesan masuk.  Perkenalan ini ternyata lumayan juga bisa mengatasi supaya anak tidak kemana-mana, karena aku melihat anak aku yang heran, karena hpnya katanya sepi kaya kuburan.

Setelah memperkenal diri aku untuk mengisi waktu kekosongan aku memberikan kuis, dengan pertanyaan sederhana, aku bertanya dengan VN, kemudian peserta didik menjawab dengan mengetikkan jawabannya, seperti hujan, WAG-ku penuh dengan jawaban dari peserta didik, seru sekali. Acara ini berakhir dengan selingan lagu Hari pertama Belajar Online di rumah. Acara sambil menunggu Pree test yang diberikan oleh Panitia tentang Materi MPLS, soal ini dibuat dari masing pemateri dengan mambuat 3 pertanyaan, kemudian digabungkan, Pree test ini dipandu oleh ibu Okta Angareini.

Setelah pree test, aku melihat WA ternyata ada pesan masuk dari kelas 9-9, ternyata aku lupa kalau hari ini juga yang mengharuskan aku mengajar di kelas ini. Akhirnya aku pun mulai mengajar, di PJJ Kelas 9 mereka menanyakan perlu dibuatkan group kah, aku bilang iya. Setelah group jadi langkah yang pertama adalah perkenalan dengan menulskan nama dan nomor urut absen, tiap 6 orang yang lebih dulu absen aku buat kelompok demikian seterusnya sampai terbentuk 6 kelompok. Karena hari ini pertama langkah pertama adalah membuat Kelas baru di Classroom dan tugas kelompok yang dikerjakan secara individu supaya disatukan untuk memudah guru dalam penilaian. Alhamdulillah dengan sistem ini kita bisa memantau peserta didik dalam bekerja sama. Alhamdulillah peserta didik kami mudah dalam mengikutinya.

PJJ dan MPLS hari pertama ini cukup melelahkan karena untuk menciptakan pembelajaran supaya aktif, aku sampai lupa kalau aku belum masak, sampai anakku teriak mama aku lapar. Untuk anak laki-laki pertamaku sigap dia langsung bilang aku saja ma, yang masak. Ternyata masakan tumis kangkung dan ikan goreng Gurame dan Nila buatan anakku pertamaku enak juga hi hi hi.

Salam Literasi

Lirik

 

Hari ini hari pertamaku

Jari pertama kesuekloah

Senangnya hatiku diantar ayah ibu

Pergi berangakat kesekolah

Senangnya hatiku bertemu teman baru dan guru baru

Tentulah ramai

 

Ayo kesekolah

Ayo kesekolah

 

Hari ini hari bahagiaku

Belajar online dari rumah

Meskipun teroisah ruang dan waktu

Kita tetap jumpa menyapa

Senangnya hatiku dibantu ayah ibu

Guru baru tentulah ramah

 

Ayo belajar bersama

Ayo online bersama

 

Hari ini hari ceriaku

Belajar daring dari rumah

Meskipun kita tidak bertemu

Kita tetap sapa menyapa

Senangnya hatiku saat ini terbantu

Dengan aplikasi yg sederhana

 

Ayo belajar bersama

Ayo online bersma

 

Hari ini hari hariku

Belajar online setiap hari

Meskipun anakku tidak ke sekolah

Kau tetap berprestasi

Senangnya hatiku saat pandemic

Masih belajar seperti biasa

 

Ayo belajar bersama

Ayo online berssma

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sepertinya lebih repot daring ya Bund pelaksanaan MPLS nya

14 Jul
Balas

IYA BU

14 Jul

Semangat buuu mpls-nyaaa

14 Jul
Balas

SEMANGAT

14 Jul



search

New Post