Hindun

Saya adalah Hindun guru IPS di SMPN 179 Jakarta, yang memulai karir dari SDN di bilangan Jakarta Pusat sebagai Pembantu Pembina Pramuka dan berusaha menjadi gur...

Selengkapnya
Navigasi Web
Quipper School Alternatif Pembelajaran Online

Quipper School Alternatif Pembelajaran Online

Hindun, M.Pd

Guru SMPN 179 Jakarta

#Tantangan H-5 Sagusabu3#

Lima Tahun yang lalu, saya diperkenalkan Aplikasi Quipper school oleh teman saya melalui Facebook, saya pun mulai bergabung menjadi Salah satu Amsabador Quipper School, yang saya menerapkan kepada peserta didik untuk pembelajaran di sekolah hanya agar peserta didik tidak kaku dengan pembelajaran online, karena kabarnya untuk Ujian Nasional pun sudah harus bersifat Online. Pada saat itu saya tidak terpikir dengan adanya masa Darurat COVID 19 seperti sekarang ini. Pembelajaran online dengan menggunakan Quipper School sangatlah bermanfaat, apalagi ada promo untuk pengguna Telkomsel ada kuota gratis 30 GB untuk pmbelajaran Online menggunakan Quipper School ini sangat menggoda sekali, untuk dijadikan sebagai referensi untuk pembelajaran Online selama Masa Darurat Covid 19 yang diperpanjang sampai dengan 19 April 2020. Dalam hal ini saya akan berbagi bagaimana cara mengguanakannya, yuuk selamat mencoba.

Tetapi memang untuk pembelajaran di Quipper School hanya 5 pelajaran dari Tingkat SD, SMP dan SMA, yaitu mata pelajaran yang masuk pada mata UNBK (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA), ditambah dengas IPS, untuk mata pelajaran yang lain belum ada.

Quipper School adalah platform sekolah digital tanpa biaya. Melalui platform ini, guru dapat mengirim dan mengelola materi pembelajaran, ujian, serta nilai siswa. Siswa dapat mengerjakan pekerjaan rumah, tugas, dan ujian secara online dengan mudah.

Untuk masuk ke Aplikasi ini sangat mudah, guru bisa melakukannya dengan langkah yang sangat mudah sekali, yaitu dengan cara : masuk ke portal google chroom dan cari website : https://www.quipper.com/id/school/

Setelah anda memasuki Portal Quipper School seperti gambar dibawah ini anda bisa malakukan hal berikut, anda bisa mengisi email anda seperti gambar dibawah ini :

Pilih portal guru, sedangkan kalau siswa pilih portal siswa. Untuk guru, bagi yang belum pernah masuk ke quipper school, klick portal guru, setelah tampil seperti gambar di bawah ini, pilih gabung dan ketik isian yang tampil

Bagi yang sudah pernah tinggal klick masuk dan masukkan email ketika anda mendaftar.

Bagi yang pilih bergabung akan tampil seperti ini :

Untuk memberi tugas kepada peserta didik buat kelas dan kemudian anda bisa memilih kurikulum yang digunakan oleh bapak/ibu guru.

Untuk membuat kelas Baru, Bapak/ibu dapat mengklick Daftar Kelas, nanti akan muncul gambar seperti di bawah ini :

Setelah selesai membuat kelas anda bisa memberi tugas kepada para peserta didik, anda bisa dapat mengklick Kurikulum dan Tugas, tentukan kurikulum, mata pelajaran, Kelas yang mau diajar dan tentukan materi yang akan dibahas dengan memiliki topik yang sudah tersedia. Seperti yang ada di gambar di bawah ini :

Setelah mengklick buat tugas dengan topik terpilih, maka langkah selanjutnya adalah membuat pengaturan tugas, apakah tugas itu untuk apa silahkan dipilih sesuai dengan kebutuhan Bapak/ibu guru, contohnya adalah seperti gambar di bawah ini :

Dalam hal ini saya membuat penugasan untuk peserta didik untuk mengerjakan soal dan memberikan ulasan terhadap soal yang dikerjakan

Setelah selesai melakukan pengaturan dalam pengiriman tugas maka tinggal klick kirim tugas, dan jangan lupa mengirimkan kode kelas kepada peserta didik supaya mereka bisa bergabung dengan guru.seperti gambar di bawah ini :

Sedangkan untuk Peserta didik, anda perlu memberitahukan bagaimana cara masuk ke Quipper School. Silahkan ikuti tata caranya di bawah ini :

Cara masuk ke Quipper School untuk siswa

Untuk masuk ke Aplikasi ini sangat mudah, siswa bisa melakukannya dengan langkah yang sangat mudah sekali, yaitu dengan cara : masuk ke portal google chroom dan cari website : https://www.quipper.com/id/school/

kalau sudah muncul seperti ini klick daftar kelas atau kelas list masukkan kode classnya

Untuk Kode Kelasnya :

7-1 : W9BMT9B

7-2 : JJKJ6K7

7-3 : NWHLFX3

Mudah bukan ???, Siapa yang mau mencoba, silahkan monggo.

Guru IPS Digital Pasti bisa

#Tantangan H-5 Sagusabu3#

Profil Penulis

Nama : Hindun

Tempat Tanggal lahir : Jakarta, 17 Agustus 1971

Alamat : Gg. Musholla Rt.012/01 N0. 25, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, 12610,

Tugas Mengajar di : SMPN 179 Jakarta

Alamat Tugas : Jl. Kalisari, Pasar Rebo Jakarta Timur, Hobby : Ngerumpi 😊😊

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Makin keren tulisannya, wah pernah jd assadornya juga ya. Sama dong, ...

03 Jun
Balas

terima kasih bang, dulu asdor juga karena abang aban nge-share ke saya, terima kasih juga bang ilmunya, salam literasi

03 Jun

Keren

03 Jun
Balas

terima kasih bu, salam literasi

03 Jun

Pengin bisa, Terimakasih ilmunya Bunda.

03 Jun
Balas

terima kasih, salam literasi

03 Jun

Info yg menarik

03 Jun
Balas

terima kasih, salam literasi

03 Jun



search

New Post